Sabtu, 15 Agustus 2009

adenomatous goiter

Disebut juga multinodular goiter, terjadi akibat pertumbuhan epitel dengan akibat pembentukan folikel baru yang baik bentuk dan fungsinya sangat banyak berbeda. hyperplasia yang siklusnya berulang-ulang dan kematian jaringan yang silih berganti menghasilkan nodul yang ukurannya bermacam-macam.




fisik dan gangguan pada vaskularisasi menuju pada kerusakan fokal yaitu:
1.pembentukan jaringan parut
2.pementukan kompensatorik dari folikel baru, disamping perbesaran folikel yang masih hidup

3. akhirnya menghasilkan gambaram yang multi nodular
4. hiperplasia juga menyerang sebagian kelenjar
5. involusi terjadi pembentukan jaringan parut yang terdiri dari jaringan ikat padat yang mengelilingi pulau-pulau acini yang berisi colloid.

etiologi: kekurangan yodium baik relatif maupun absolut > kekurangan hormon thyroid yang melalui feed back mechanism > dikeluarkan thyroid stimulating hormon (TSH) dari hypophyse > merangsang thyroid > hiperplasia acini thyroid.






Pada umumnya perbesaran thyroid dapat mempertahankan penderita pada keadaan euthyroid.




Gejala umumnya:

1. thyroid yang berbenjol-benjol disebut adenomatous multinodular goiter
2. merupakan tumor jinak yang sangat besar, dapat mencapai berat 1 kilo. sering asimetris dan teraba sebagai masa yang noduler. bila masuk kedalam rongga intra thoracic maka disebut sebagai plunging goiter, sehingga dapat menimbulkan gangguan fisik berupa sukar menelan dan sesak napas.

makroskopis:
beberapa buah jaringan berat seluruhnya 600 gram. berbenjol-benjol dan keras dengan bagian-bagian yang kenyal. pada penampang tampak septa yang membagi kelenjar gondok dalam beberapa benjolan . pada beberapa tempat tampak kista-kista yang berisi kolloid
mikroskopik:
tampak jaringan ikat fibrokolagen yang padat yang memisahkan beberapa acini, dilapisi oleh sel-sel epitel gepeng atau kubus yang lumennya berisi kolloid, pada bagian lain tampak acini kecil dan dilapisi sel-sel epitel torak akan tetapi lumennya tidak berisi colloid. bagian ini merupakan sisa dari acini thyroid yang dalam keadaan tidak aktif,

1 komentar: